Selasa, 02 Mei 2017

Pengelola kitabisa.com akui gunakan uang sumbangan untuk beli mobil mewah Fortuner dan iPhone7

JAKARTA - Kabar Cak Budi yang menggunakan dana hasil donasi dari para donatur untuk membeli mobil Fortuner dan iPhone 7 terus menjadi perbincangan netizen.

Terkait dengan ramainya netizen membicarakan kabar itu, Cak Budi melalui akun instagramnya @cakbudi_ menyatakan bahwa dia memang membeli mobil itu untuk keperluan operasional.

"Cak Budi menggunakan uang donasi untuk tukar tambah hp lama dengan iPhone 7 yang Cak Budi gunakan untuk mengambil foto & video dari para penerima hak dan lokasi yang dikunjungi (bukti terlampir). Terkait mobil, betul bahwa Cak Budi menggunakan uang donasi untuk membeli mobil jenis Fortuner. Mobil ini dibutuhkan untuk menempuh jarak jauh dan menjangkau area2 pedalaman," tulis Cak Budi dalam klarifikasinya, dikutip Selasa (2/5/2017).

Cak Budi juga menyatakan bahwa ada donasi terkumpul senilai Rp 1,2 miliar, di mana Rp Rp 560 juta masuk ke rekening pribadi, dan Rp 700 juta donasi melalui Kitabisa.com.

"Donasi...belum kami salurkan, sekali lagi belum disalurkan, bukan disalahgunakan. Cak Budi berencana menggunakan dana untuk membuat rumah singgah untuk mbah-mbah yang tidak punya rumah. Lebih lengkapnya akan saya klarifikasi di post terpisah," jelas dia.

Saat ini Cak Budi memutuskan untuk sementara menutup penerimaan donasi di Kitabisa. Dia juga mengimbau masyarakat untuk tidak menyalurkan donasi ke rekening pribadinya.

"Agar kami bisa fokus menyalurkan dana yang belum digunakan tersebut. Setiap penyaluran akan selalu didokumentasikan di Kitabisa.com/cakbudi dan ada google sheet yang menampilkan rincian pemasukan dan pengeluaran," jelas dia.

Berikut klarifikasi lengkap dari Cak Budi

cakbudi_Assalamualaikum, selamat pagi semua.

Perkenankan Cak Budi untuk melanjutkan klarifikasi terkait transparansi penggalangan dana yang saya lakukan:

1. Cak Budi awalnya memang melakukan pengumpulan donasi ke rekening pribadi dan hanya melakukan pelaporan secara informal melalui instagram.

2. Untuk itu Cak Budi membuat juga halaman donasi di @kitabisacom (kitabisa.com/cakbudi) agar publik bisa melihat secara transparan donasi yg terkumpul dan laporan penyaluran yang juga terkirim ke email donatur.

3. Sebagai pihak ketiga dan penyedia sarana menggalang dana onilne, Kitabisa mengenakan biaya admin sebesar 5% dari total dana yang terkumpul untuk penggunaan platform mereka.

4. Terkait donasi terkumpul, Cak Budi menginformasikan bahwa ada donasi terkumpul senilai 1,2 milyar (560 juta donasi ke rekening pribadi, terlampir + 700 juta donasi ke halaman Kitabisa) YANG BELUM KAMI SALURKAN, sekali lagi belum disalurkan, bukan disalahgunakan.

5. Cak Budi berencana menggunakan dana untuk membuat rumah singgah untuk mbah-mbah yang tidak punya rumah. Lebih lengkapnya akan saya klarifikasi di post terpisah.

6. Cak Budi memutuskan untuk sementara menutup penerimaan donasi di Kitabisa dan menghimbau masayarakat untuk tidak donasi ke rekening pribadi saya agar kami bisa fokus menyalurkan dana yang belum digunakan tersebut. Setiap penyaluran akan selalu didokumentasikan di kitabisa.com/cakbudi dan ada google sheet yang menampilkan rincian pemasukan dan pengeluaran.

7. Hari Selasa besok (2/5) Cak Budi akan memposting rekening koran untuk transparansi lengkap penggunaan dana dari kegiatan Cak Budi.

8. Terkait hp, betul bahwa Cak Budi menggunakan uang donasi untuk tukar tambah hp lama dengan iPhone 7 yang Cak Budi gunakan untuk mengambil foto & video dari para penerima hak dan lokasi yang dikunjungi (bukti terlampir).

9. Terkait mobil, betul bahwa Cak Budi menggunakan uang donasi untuk membeli mobil jenis Fortuner. Mobil ini dibutuhkan untuk menempuh jarak jauh dan menjangkau area2 pedalaman dan tidak Cak Budi gunakan untuk urusan pribadi. Saya dan istri memiliki mobil jenis Innova yang kami miliki sejak tahun 2004 untuk urusan pribadi. (Kompas)

loading...

SHARE THIS